Hanamasa Resto

Penyebab Terjadinya Heartburn

21 November 2012

Heartburn merupakan salah satu gejala yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi adanya penyakit Gastroesophageal Reflux Disease atau yang biasa disebut dengan singkatan GERD.

Gejala heartburn ini sendiri ditandai dengan adanya rasa panas di dada yang disebabkan oleh naiknya asam lambung dari perut ke kerongkongan. Biasanya, gejala semacam ini dipicu oleh stress yang berlarut-larut serta didukung oleh beberapa faktor penyebab pemicu heartburn.

Pada umumnya faktor penyebab tersebut berasal dari makanan atau minuman yang mengandung zat-zat tertentu yang berpotensi untuk meningkatkan asam lambung.

Gejala heartburn siasanya terjadi saat seseorang sedang berbaring, merunduk atau bahkan hanya karena makan berlebihan.Gejala ini menimbulkan perasaan yang sangat tidak nyaman.

Sehingga, untuk dapat menghindari gejala penyakit yang seperti ini, sebisa mungkin penyebab pemicu heartburn harus dapat dihindari. Untuk itu, perlu diketahui macam-macam penyebab pemicu heartburn yang antara lain adalah:

  • Alcohol. Tidak dapat dpungkiri lagi bahwa alcohol memang memiliki sifat panas untuk tubuh dan lambung manusia dan sifat ini dapat memicu timbulnya heartburn.
  • Makanan pedas, baik yang berasal dari lada maupun cabai.
  •  Makanan yang memiliki tingkat keasama yang tinggi seperti jeruk dan tomat. Tentu saja jenis makanan ini akan semakin meningkatkan resiko meningkatnya asam lambung.
  •  Makanan yang bersifat panas dan mengandung banyak lemak, seperti gorengan. Hal ini disebabkan karena sifat dari lemak itu sendiri yang akan sulit untuk dicerna oleh lambung sehingga kemungkinan akan menumpuk di lambung dan memberi tekanan yang berlebih pada esophageal sphincter.
  • Minuman yang mengandung kafein yang sudah tidak dapat diragukan lagi kemampuannya dalam meningkatkan asam di lambung.
  •  Coklat. Coklat memiliki sifat yang menenangkan otot-otot pada tubuh manusia. Namun dalam hal ini, kemampuan tersebut justru akan mempengaruhi meningkatnya asam lambung ke kerongkongan.

 

  • Soda. Soda jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan juga akan memberikan efek yang kurang baik untuk tubuh.

Beberapa jenis makanan dan minuman di atas merupakan penyebab pemicu heartburn yang perlu dihindari.

Dengan sedikit demi sedikit mengurangi porsi dari makanan dan minuman tersebut akan lebih mempermudah cara dari seseorang untuk menghindari mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut agar dapat terhindar dari gejala heartburn yang membuat si penderita merasa sangat tidak nyaman.

 



blog comments powered by Disqus

Health Index