Hanamasa Resto

Manfaat Tengkurap dan Cara Melatih Si Kecil Tengkurap

14 July 2012

Tengkurap adalah bagian dari perkembangan motorik si kecil Kedua ketrampilan ini menjadi dasar untuk bayi supaya bisa duduk, merangkak, berdiri, dan berjalan.

Gerakan motorik bayi dimulai dengan kemampuan tengkurap yaitu ketika bayi ditidurkan dengan perut sebagai dasarnya. Kemampuan tengkurap nantinya akan membantu bayi untuk dapat merangkak.

Namun, perlu diketahui bahwa posisi tengkurap hanya boleh dilakukan saat bayi sedang tidak tidur. Bayi tengkurap saat tidur dapat terkena resiko Sudden Death Infant Syndrome atau SIDS.

Tengkurap pada bayi dapat dimulai ketika bayi berusia 3 sampai 4 bulan. Tengkurap memberikan manfaat pada bayi meliputi:

1.  Merangsang kemampuan si kecil untuk melakukan koordinasi pada paha, menjaga keseimbangan tubuh, dan mengontrol kepala.

2.  Berlatih menggunakan tangan untuk meraih sesuatu

3.  Membiasakan diri untuk melihat sekitarnya dengan sudut pandang berbeda.
 
Dengan manfaat tersebut, anda harus mulai melatih bayi anda tengkurap ketika ia mulai berusia 3 bulan.

Berikut ini beberapa tips untuk menstimulasi dan melatih si kecil supaya dapat tengkurap dengan aman.

•     Ketika anda pertama kali mengajari si kecil tengkurap, anda sebaiknya memulainya dalam waktu yang singkat atau sekitar 2 sampai 3 menit per hari.

Saat si kecil sudah mulai terbiasa, anda dapat meningkatkan durasinya menjadi 10 sampai 15 menit setiap tengkurap dan dapat dilakukan 3 kali sehari. Selain itu, saat pertama kali tengkurap, anda dapat meletakan si kecil dengan posisi tenkurap di pangkuan paha anda.

•     Cara lain untuk mengajari bayi tengkurap saat pertama kali adalah membiarkan tubuh anda berada dalam posisi terlentang dan leakkan si kecil di atas dada anda dengan posisi tengkurap.

Posisi ini membuat si kecil merasa yakin bahwa anda berada di dekatnya. Usahakan supaya tetap  terjadi kontak mata antara anda dan bayi anda, sehingga ia akan semakin percaya diri.

•     Awalnya, mungkin si kecil masih agak sulit untuk mengangkat tangan atau kepalanya ketika ia dalam posisi tengkurap. Untuk membantu memudahkan si kecil, anda dapat menopang kepalanya dengan bantal kecil, sehingga si kecil akan tetap merasa nyaman.

•     Saat si kecil belum siap ditengkurapkan, jangan memaksanya. Anda dapat memberikan waktu sampai ia benar – benar sudah siap karena setiap anak memang memiliki kemampuan yang berbeda – beda. Anda dapat mencobanya keesokan harinya.
 
•     Jika si kecil sudah terbiasa dengan posisi tengkurap, anda bisa meletakkanya tengkurap dengan alas yang empuk dan lunak seperti kasur atau matras. Cobalah untuk meletakkan mainan bersuara dan berwarna menarik untuk melatihnya mencapai benda tersebut.

Aktivitas ini dapat membantu memperkuat otot tangannya saat ia sedang berusaha menggapai benda yang ada di depannya.

Sekarang, anda telah menemukan bagaimana cara seharusnya mengajari si kecil tengkurap sehingga si kecil dapat tengkurap dengan aman tanpa kesakitan.

Selain itu, tengkurap juga akan mempermudah si kecil untuk menguasai kemampuan motorik tahap selanjutnya yakni duduk dan merangkak. (nr)


blog comments powered by Disqus

Family Index