Hanamasa Resto

Hal Yang Memantapkan Untuk Menikah

18 January 2013

Setiap orang pastinya ingin menjadi pribadi dan manusia yang lebih baik. Oleh karena itu, setiap orang pasti akan mencoba melakukan segala hal yang bisa membuat diri mereka menjadi lebih baik sehingga mereka bisa merasa lebih bahagia dalam kehidupannya.

Salah satu cara untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan membangun kehidupan yang lebih baik adalah dengan menikah. Akan tetapi, keputusan untuk menjalankan kehidupan pernikahan merupakan salah satu jenis keputusan yang sangat sulit diambil karena selain melibatkan hati, logika juga akan dilibatkan dalam pengambilan keputusan penting ini.

Hati dan logika perlu dipertimbangkan dalam keputusan mengenai pernikahan karena tidak ada seorang pun yang berkeinginan untuk melihat biduk pernikahan mereka hancur dan berakhir dengan perceraian. Sekedar ingin menikah saja tidak akan cukup untuk membangun kehidupan pernikahan yang bahagia.

Beberapa orang beranggapan bahwa pernikahan justru akan membatasi ruang gerak mereka terutama dalam bidang karir. Beberapa perempuan menunda pernikahan demi mengejar karir karena khawatir bahwa toh nanti setelah menikah mereka hanya akan tinggal di rumah dan mengurus keluarga.

Selain itu, ada beberapa orang yang mengkhawatirkan mengenai biaya baik saat pernikahan maupun setelah hidup berumah-tangga. Selain itu, ada pula orang yang menunda menikah karena merasa dirinya belum mempunyai kesiapan mental dan ilmu. Berikut ini adalah tips untuk memantapkan hati dalam menjalankan pernikahan.

• Meluruskan niat dalam pernikahan merupakan modal awal untuk meyakinkan diri untuk menikah. Menikah adalah salah satu ibadah sehingga menikah diniatkan untuk menyempurnakan sebagian agama serta mengamalkan sunah dari Rasul yang merupakan junjungan setiap umat muslim.

• Tentu pemahaman mengenai hakikat pernikahan juga perlu ditingkatkan. Pernikahan sangat bergunan untuk membuat hati tenang dan tentram karena ekspresi cinta bisa dilakukan dengan bebas dan tanpa beban.

Pernikahan akan membuat pasangan saling memuliakan sekaligus menjadi tiket halal untuk melakukan hubungan suami istri demi mendapatkan keturunan.

• Dengan menikah, pasangan bisa menjauhkan diri dari perbuatan dosa akibat hawa nafsu yang merupakan hal normal bagi setiap manusia. Sekedar bersentuhan atu bahkan berhubungan seksual dengan pasangan bukan lagi hal yang haram dilakukan setelah pernikahan tentunya dengan kesesuaian terhada aturan syar’i.

• Banyak orang yang khawatir mengenai kondisi keuangan setelah menikah, tetapi menikah justru akan membukakan pintu-pintu rezeki yang baru yang sudah dijanjikan oleh Allah SWT. Jadi, tidak perlu khawatir mengenai rezeki setelah menikah asal ada kemauan untuk bekerja keras demi keluarga.

Perlu diingat bahwa kehidupan pernikahan tidak akan selalu mulus dan bebas dari masalah. Namun, anggap saja masalah tesebut merupakan bumbu untuk menuju kehidupan pernikahan yang lebih baik di masa mendatang.

Masalah bisa jadi menjadi salah satu jalan untuk mengeratkan hubungan dengan pasangan dalam menjalankan bduk rumah tangga.


blog comments powered by Disqus

Wedding Index