Hanamasa Resto

Mengajarkan Anak Remaja Berorganisasi

22 October 2012

Organisasi adalah sebuah kumpulan orang dengan tujuan yang sama. Orang yang berorganisasi bisa menjadi orang yang senang bekerjasama, saling menghargai peran dan tugas masing masing, dan setia kawan dengan keadaan tiap anggotanya.

Banyak organisasi yang bisa diikuti di Indonesia, tergantung tujuan apa yang diinginkannya. Sebagai orang tua yang baik, rasanya perlu untuk melatihnya agar terbiasa berorganisasi, untuk membantu perkembangan sosial anak anda.

Di rumah pun ada sebuah organisasi kecil yang bernama keluarga, yang anggotanya hanya beberapa orang saja yang terdiri dari ayah sebagai kepala keluarga atau ketua organisasi, ibu sebagai pengurus rumah tangga, serta anak anak yang menjadi anggota dari organisasi tersebut.

Mengajarkan anak remaja berorganisasi bisa dilakukan dari mulai keluarga. Dengan cara memberikan peran, tugas, dan tanggung jawab. Selain itu, anda pun bisa membuat jadwal kegiatan yang harus dilakukan seluruh anggota organisasi, seperti beres beres rumah, makan bersama, ataupun kegiatan keluarga lainnya.

Berikut adalah beberapa cara mengajarkan anak remaja berorganisasi baik dalam lingkup keluarga ataupun organisasi besar :


Organisasi bukanlah sekumpulan orang orang hebat
Berikan suatu pemahaman bahwa organisasi bukanlah sekumpulan orang orang hebat, tetapi merupakan kumpulan orang orang dengan kelebihan masing-masing yang bisa menyalurkan sesuatu yang hebat.

Buat anak anda bangga dengan kemampuan yang dimilikinya, misalkan anak anda pandai dan mahir dalam mengetik dokumen, maka kembangkan potensinya tersebut dan berikan kemampuan tersebut dalam organisasi, sehingga jika mendapatkan kepercayaan, anak anda bisa saja dijadikan bagian administrasi atau sekretaris di organisasi tersebut.

Ajarkan tentang tanggung jawab kepada anak
Pembagian tugas dalam organisasi adalah hal yang pasti terjadi, maka dari itu ajari anak anda agar mengerti dan memahami tugasnya sejak lingkungan keluarga.

Misal, jika anak yang akan anda ajari adalah seorang kakak, maka berikan tanggung jawab untuk mengasuh, membimbing dan menyayangi adiknya.

Berikan kepercayaan penuh dengan pengawasan yang baik, sehingga anak anda melakukan tugasnya sebagai seorang kakak dengan sangat baik. Tanggung jawab ini akan terpatri dan tertanam dalam dirinya, sehingga jika suatu saat di mendapatkan tanggung jawab yang lain, maka akan diemban dan dilakukan dengan baik dan sepenuh hati.

Biasakan anak untuk mengevaluasi dan melaporkan
Tujuan ini bisa anda lakukan dengan cara memberikannya sebuah kepercayaan atau amanat, baik berupa uang jajan ataupun baran tertentu. Buat dia agar menjaga apa yang didapatkannya.

Saat uang jajannya habis, maka Tanya dia dipergunakan untuk apa saja uang jajannya, apakah sesuai dan memang penting atau tidak. Hal ini membuatnya pandai mengevaluasi dan melaporkan apa yang telah dilakukannya dengan amanat yang diberikan organisasi.

Itulah cara mengajarkan anak remaja berorganisasi. Hal ini bisa membuatnya semakin matang, percaya diri, bertanggung jawab dan pandai memegang amanat. Semoga bermanfaat


blog comments powered by Disqus

Family Index